Prodi PGMI UIN Siber Cirebon Raih 5 Penghargaan Tingkat Nasional di Ajang PD-PGMI Indonesia Award 2024

BANDAR LAMPUNG - Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menunjukkan prestasinya dengan meraih lima penghargaan pada ajang PD-PGMI Indonesia Award 2024. 

Penghargaan ini diberikan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Nasional ke-10 Perkumpulan Dosen PGMI se-Indonesia yang diselenggarakan di UIN Raden Intan Lampung. Jum’at, (19/07/2024).

Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd., Ketua Prodi PGMI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, menyatakan bahwa Prodi PGMI berhasil meraih lima penghargaan bergengsi, yang terdiri dari:

1. Prodi Teladan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Peringkat 2 Tingkat Nasional di lingkungan Prodi PGMI se-Indonesia. Penghargaan ini diberikan berdasarkan prestasi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

2. Prodi Teladan Penelitian Peringkat 3 Tingkat Nasional di lingkungan Prodi PGMI se-Indonesia. Penilaian dilakukan berdasarkan dana hibah penelitian yang diterima dari pendanaan luar negeri maupun dalam negeri.

3. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI yang dikelola oleh Prodi PGMI, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, meraih Jurnal Teladan Peringkat 2 Tingkat Nasional di lingkungan Prodi PGMI se-Indonesia. Penghargaan ini diberikan karena jurnal tersebut telah terakreditasi SINTA 2 dan memiliki impact factor tertinggi di antara jurnal lainnya.

4. Jurnal Paling Banyak Disitasi oleh Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Peringkat 2 Tingkat Nasional di lingkungan Prodi PGMI se-Indonesia.

5. Jurnal Sitasi Tertinggi Versi Google Scholar Peringkat 1 Tingkat Nasional di lingkungan Prodi PGMI se-Indonesia.

Selain itu, Dr. Atikah Syamsi, M.Pd.I, dosen PGMI yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan 1 FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, menerima penghargaan sebagai Dosen Teladan Penelitian Peringkat 3 Tingkat Nasional di lingkungan Prodi PGMI se-Indonesia.

Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd. menambahkan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras seluruh civitas akademika Prodi PGMI serta dukungan penuh dari pimpinan fakultas dan rektorat. 

Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, kami mendorong semua dosen di lingkungan Prodi PGMI untuk terus produktif menghasilkan karya ilmiah, baik dalam bentuk buku ajar, artikel jurnal nasional dan internasional terindeks Scopus, maupun karya ilmiah lainnya. 

Di bidang penelitian, kami mendorong kolaborasi dosen untuk melakukan penelitian di tingkat lokal maupun nasional. Di bidang pengabdian kepada masyarakat, kami terus mendorong dosen untuk berkontribusi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional," jelasnya.

Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd. berharap Prodi PGMI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dapat terus meraih prestasi dan menjadi lebih unggul di tingkat nasional maupun internasional. "Dengan penguatan ini, kami berharap Prodi PGMI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon semakin maju dan unggul," tutupnya. (din)

Terkini