Pengurus RW 08 Dilantik, Kuwu Sindangjawa Tekankan Kerukunan dan Partisipasi Warga Dalam Pembangunan

 

Pelantikan Pengurus RT-RW 08, KBK Sindangjawa di Resto Kafe Duren Montong


CIREBON, FC - Pengukuhan dan pelantikan Pengurus RT - RW 08, Kota Baru Keandra (KBK), Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon Resmi digelar, bertempat di Resto Kafe Montong Durian, Minggu, 22 September 2024.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Kuwu Sindangjawa, Yayat Supriyatna, S.Pd didampingi Sekdes dan perangkat desa lainnya. Bahkan hadir pula Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD dan sejumlah tokoh masyarakat dalam kegiatan pelantikan ini.

Kuwu Sindangjawa, Yayat Supriyatna menyampaikan, dengan dilantiknya kepengurusan RW 08 KBK ini, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan ditingkatkan. Baik di bidang lingkungan, kesehatan masyarakat, pendidikan, ekonomi dan bidang lainnya. 

Yayat Supriyatna juga menekan soal Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang menjadi roda penggerak pembangunan untuk segera dilaksanakan sebaik mungkin di KBK. 

"Masalah PBB, Desa Sindangjawa dari  sekian persennya adalah berasal dari KBK, maka diharapkan warga KBK melalui kepengurusan RT-RW yang ada segera menggerakkan untuk tercapainya target yang diminta Pemkab kepada Desa Sindangjawa, dan kami akan segera kembali berkoordinasi dengan pihak pengembang KBK terkait SPPT yang belum diterima pihak desa," jelasnya.

Selain itu, katanya, dengan memasuki tahun politik Pilkada di Kabupaten Cirebon, seluruh perangkat RT-RW agar tidak masuk dalam ranah politik saling dukung mendukung, namun hak politik tetap disalurkan, hal ini untuk menjaga Trantibmas dalam rangka menjaga kerukunan, kedamaian di lingkungan masing-masing RW dan Desa Sindangjawa.

Mengenai Posyandu dan lainnya, jika memang dimungkinkan, maka di RW 08 KBK ini bisa segera diadakan. Seluruh perangkat RT-RW tinggal mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan tersebut.

Yayat Supriyatna juga meminta agar masyarakat di RW 08 KBK, bisa bergotong royong dan saling bekerjasama dengan baik dengan seluruh perangkat RT-RW demi terlaksananya program di lingkungan RW 08 KBK. 

"Tapi memang dengan tanggungjawab yang tinggi para pengurus RT-RW ini, honornya masih jauh dari harapan dan ini hanya sebagai bentuk tali kasih saja dari kami, namun demikian dengan kondisi ini kami berharap pelayanan harus terus berjalan dengan baik sebagai tugas pengurus RT-RW di masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang dapat dihubungi, Hafidzudin, berharap Pemkab Cirebon bisa lebih memperhatikan benefit atau honorarium RT-RW sebagai garda terdepan di masyarakat bawah. Para pengurus ini memiliki tanggungjawab  tinggi karena langsung bersentuhan dengan lapisan masyarakat dan warga di bawah.

"Sebagai garda terdepan, peran RT-RW di masyarakat sangat strategis bagi pemerintah daerah. Terutama dalam pembangunan, maka sudah sepantasnya pemerintah daerah memberikan kelayakan honorarium bagi para Ketua RT dan RW agar bisa bekerja lebih baik dan maksimal," tandasnya.

Sementara itu, di akhir kegiatan pelantikan, acara dilanjut dengan kegiatan ramah tamah. (Aulia)

Terkini